5 Situs Pinjam atau Download Buku Legal dan Gratis

Hai, learners! Di era digital sekarang, kamu bisa loh meminjam atau mengunduh buku secara digital. Jadi, kamu tidak perlu membawa banyak buku fisik yang cukup berat. 

Walaupun tidak semua buku bisa kamu dapatkan, koleksi buku digital sangat banyak, dari buku pelajaran hingga novel. Tapi, ingat gunakan situs yang legal, ya! Beberapa situs atau aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu ipusnaskindleproject gutenberg, dan internet archive.

#1 Perpustakaan Digital Nasional Indonesia (ipusnas)

Pada situs resmi ipusnas dinyatakan bahwa aplikasi ini dapat digunakan dalam sistem iOS, OS, dan android.  Saya sudah menggunakan aplikasi tersebut pada sistem iOS dan android, berjalan sangat mulus. 

Buku yang tersedia beragam, antara lain novel fiksi, buku pendidikan, buku pengembangan diri, buku agama, buku bisnis dan manajemen, buku parenting, buku penelitian, buku sekolah, buku desain, buku tentang kesehatan, serta masih banyak genre lainnya.

Tersedia pula kamus, majalah, dan arsip negara. Khusus novel, ipusnas menyediakan cukup banyak koleksi novel baik dari penulis dalam maupun luar Indonesia. Bahkan terdapat novel teenlit terbitan lama, sepert Fairish karya Esti Kinasih.

Untuk dapat mengakses aplikasi ini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Akun ipusnas mudah dibuat dan gratis. Setelah memiliki akun kita bebas meminjam buku disana. Sama halnya dengan perpustakaan non digital, apabila buku yang kita inginkan telah dipinjam oleh orang lain, kita harus mengantri terlebih dahulu. 

Walaupun ipusnas menyediakan beberapa eksemplar untuk tiap judul, apabila buku yang kita inginkan cukup populer, kita akan mengantri cukup lama. Misalnya, ketika saya ingin meminjam novel Bumi karya Tere Liye, saya menunggu hingga beberapa bulan di antrian. Kita juga bisa melihat buku apa saja yang telah kita baca dan memberikan review.

Seperti perpustakaan pada umumnya, ada durasi waktu peminjaman untuk setiap buku. Selain itu, kita juga bisa mengunduh buku dan membacanya dalam mode offline melalui aplikasi ipusnas. Semua buku yang tersedia legal untuk diakses.

Situs: https://ipusnas.id/  |  Nama Aplikasi: iPusnas

#2 Kindle

Pernah mendengar gadget bernama Kindle? Kindle adalah gadget dari Amazon yang digunakan untuk membaca buku digital. 

Berbeda dengan smartphone, tablet, dan laptop yang membuat mata lelah apabila terlalu lama membaca, kindle memiliki teknologi bernama e-ink atau tinta digital yang membuat tampilan tulisan di Kindle sangat mirip dengan buku cetak sungguhan. 

Kindle tidak hanya merupakan sebuah gadget, tapi juga berbentuk situs dan aplikasi penyedia buku. Jadi, walaupun kalian tidak memiliki gadget-nya, kalian tetap  dapat membeli, meminjam, dan mengunggah novel di situs dan aplikasi Kindle. Tapi, harus buat akun terlebih dahulu ya! 

Kindle menyediakan buku yang dapat diakses secara gratis, misalnya novel klasik, buku pendidikan, buku sejarah, dan promo free buku pada waktu tertentu. Apabila ingin membeli e-bookumumnya Kindle memberikan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga buku cetak. 

Saya sering membeli beberapa buku dengan harga kurang dari satu dolar atau sekitar Rp15000,- per buku, dimana buku-buku tersebut tersedia dengan harga beberapa kali lipat di toko buku Indonesia. Oh ya, teman-teman juga dapat melakukan pre-order pada buku-buku yang akan segera terbit.

Apabila buku yang ingin dibeli terlalu mahal dan tidak tersedia secara gratis, kita dapat memeriksa apakah buku tersebut dapat dipinjam. Peminjaman buku tentunya lebih terjangkau dibandingkan membeli. Biaya peminjaman tergantung judul dan durasi peminjaman.

Berbeda dengan ipusnas yang umumnya menyediakan buku berbahasa Indonesia, Kindle umumnya menyediakan buku berbahasa Inggris. Tersedia pula bahasa lain seperti bahasa Spanyol, bahasa Jerman, bahasa Italia, dan sebagainya. Walaupun demikian, buku yang tersedia memang lebih banyak dibandingkan ipusnas dan lebih up-to-date secara global. 

Jadi, kalau kalian mencari buku terbitan di luar Indonesia dan tidak tersedia di ipusnas, kalian bisa coba mengakses Kindle. Nilai tambah lain adalah aplikasi Kindle berjalan dengan baik di sistem yang lebih beragam dibandingkan ipusnas

Namun, sama dengan ipusnas, buku di Kindle hanya bisa kita akses melalui aplikasi Kindle. Seluruh buku yang terdapat di Kindle dapat diakses secara legal ya, learners.

Situs: https://www.amazon.com/Kindle-eBooks/  |  Nama Aplikasi: Kindle

#3 Project Gutenberg

Apakah kalian merasa penggunaan ipusnas dan Kindle terbatas? Karena novel hanya bisa diakses melalui aplikasi tersebut. Mungkin situs Project Gutenberg menjadi pilihan tepat bagi kalian. 

Pada situs ini kalian bisa mengunduh file untuk disimpan di gadget kalian. Buku-buku dapat diunduh dalam beberapa format file, seperti .pdf, .mobi, dan .epub. Kalian juga tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk mengunduh file disini. 

Buku yang tersedia di situs Project Gutenberg antara lain novel klasik, novel misteri dan fiksi kriminal, novel fantasi, novel anak, dan beberapa genre novel lain. Selain itu, terdapat pula buku teknologi, seni, dan ilmu pengetahuan lainnya. Umumnya, buku tersedia dalam bahasa Inggris. Namun, ada pula beberapa bahasa lain, seperti bahasa Perancis dan bahasa Jerman.

Walaupun demikian, pengelompokkan buku pada situs Project Gutenberg dilakukan oleh sukarelawan, sehingga tidak terlalu 'rapi' dan up-to date apabila dibandingkan dengan ipusnas dan Kindle. Buku yang tersediapun tidak sebanyak yang tersedia di Kindle. Project Gutenberg juga tidak memiliki aplikasi yang tersedia baik untuk laptop maupun smartphone. Jadi, kalian harus menggunakan aplikasi membaca file tambahan.

Selain itu, tertulis pada situs Project Gutenberg bahwa walaupun semua e-book pada situs tersebut legal untuk diunduh di wilayah Amerika Serikat, kita perlu memeriksa kebijakan hak cipta di negara lainnya, termasuk Indonesia, kecuali untuk buku-buku yang berlabel free copyright (bebas hak cipta).

Situshttps://www.gutenberg.org/  |  Nama Aplikasi: -

#4 Internet Archive

Internet Archive tidak hanya menyediakan buku gratis, melainkan akses untuk film, musik, software, dan gambar. Internet Archive memiliki koleksi yang sangat banyak, terdiri dari akses ke perpustakaan di berbagai negara, tentunya dengan beragam bahasa. Bahkan terdapat audio books yang dapat kita akses. 

Namun, navigasi untuk situs ini tidak sesederhana situs lain yang direkomendasikan dalam artikel ini. Mungkin karena Internet Archive yang tidak hanya fokus menyediakan buku untuk diunduh. Apabila readers ingin fokus pencarian buku, readers dapat langsung akses bagian Open Library di Internet Archive.

Situs ini cocok untuk kalian yang sudah memiliki judul buku yang ingin diunduh, sehingga kalian tidak perlu membuka fitur Internet Archive satu per satu. Sedangkan untuk learners yang masih belum menentukan buku yang ingin diunduh, bisa terlebih dahulu akses situs Goodreads atau Amazon Book Review.

File di Internet Archive juga dapat diunduh dalam berbagai format, seperti .epub, .pdf, .mobi, dan sebagainya. Sama halnya dengan Project Gutenberg, kalian juga tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk mengunduh file disini. 

Terkait legalistas dan hak cipta, Internet Archive menyatakan bahwa mereka tidak melanggar UU Hak Cipta Amerika Serikat. Namun, ada baiknya learners mengecek terlebih dahulu apakah buku yang ingin diunduh memiliki label bebas hak cipta. 

Di situs ini, dikemukakan pula bahwa kita bisa meminjam buku. Walaupun saya belum pernah mencoba meminjam buku melalui situs ini. Selain itu, sama halnya dengan Project Gutenber, Internet Archive juga tidak menyediakan aplikasi untuk laptop dan smartphone.

Situs: https://archive.org/  (Internet Archive)https://openlibrary.org/ (Open Library) |  Nama Aplikasi : -


revised on Aug 5, 2022

Post a Comment

0 Comments